Anime Myspace CommentsAnime Myspace Comments

Sabtu, 15 Desember 2012

Diposting oleh Fachri's Blog


    Pemanfaatan ICT

Pada respon paper kali ini saya akan membahas sebuah topik seputar pemanfaatan Information Communication Technology (ICT). Beberapa tahun belakangan ini negara Indonesia mulai mengimplementasikan berbagai bidang ke dalam satu kajian ini. Sama dengan teknologi yang lainnya, teknologi informasi merupakan suatu komoditas yang diolah dengan menggunakan Teknologi Information Communication Technology (ICT). Adapun bentukdari teknologi, yaitu Kumpulan pengetahuan (knowladge) yang kemudian diimplemantasikan ke dalam tumpukan kertas atau stacked of papers, atau yang sekarang berbentuk file-file pada media penyimpan seperti disket, CD-ROM, dan flash disk.

Information Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki sebuah arti yang luas dengan memuat tentang segala hal yang berhubungan dengan sebuah proses komunikasi informasi, pemakaian sebagai alat bantu, pemanipulasian, dan pengolahan informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi sering kali dihubungkan dengan teknologi terbaru, sperti halnya komputer dan teknologi mutakhir lainnya. Teknologi Informasi dan Komunikasi terus-menerus mengalami proses perkembangan mulai dari bentuk, ukuran, kecepatan, serta kemampuannya. Pada dunia pendidikan, banyak lembaga pendidikan yang sudah berhasil mengembangkan ICT dalam mendukung proses belajar dan mengajar.

Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan Information Communication Technology sangat berpengaruh. Beberapa fungsi dari ICT adalah sebagai sarana informasi, pendidikan, dan juga hiburan. Adapun dampak positif yang dapat ditimbulkan ICT adalah dalam bidang pendidikan, apabila pemanfaatannya diorganisasikan atau diarahkan sebagai sarana informasi dan wawasan maka ICT dapat diproposionalkan pula sebagai sarana hiburan yang seimbang. Namun, adapula dampak negatif yang ditimbulkan oleh ICT adalah apabila tidak diarahkan atau dikondisikan pada proses pembelajaran dan hanya diintegrasikan utuh dalam pembelajaran maka anak atau siswa mungkin saja akan menjadi cyber crime. Oleh karena itu, pemanfaatan Information Communication Technology adalah sebagai media dalam proses belajar dan mengajar yang diperlukan untuk mewujudkan suatu efektifitas dan juga optimalisasi pembelajaran. Tetapi, perlu pula disadari bahwa media apapun yang digunakan prinsip pembelajaran harus tetap dipegang teguh.



Terkait dengan hal tersebut, berikut adalah media-media Information Communication Technology (ICT):

·         Pemanfaatan teknologi multimedia sebagai interactive multimedia instructional (IMMI)

·         Pemamfaatan E-Media

·         Pemanfaatan E-Learning

·         Digital Library

·         Komunitas berbasis Web (Forum, Milis)



2.      Industri ICT Sebelum dan Sesudah Tahun 2000

Sebelum tahun 2000, saat itu Information Communication Technology masih pada proses perampungan karena itu perangkat yang tersedia masih dalam keterbatasan penggunaannya. Selain itu, perangkat Information Communication Technology masih sangat langka dan termasuk mewah untuk para pengguna Teknologi Informasi dan Komunikasi. Oleh karena itu, sebelum tahun 2000 masih belum banyak masyarakat yang tertarik dan juga mampu untuk dapat membelinya.

Namun, setelah tahun 2000 Information Communication Technology mulai mengalami perkembangan. ICT berkembang dengan sangat pesat, banyak sekali gadget-gadget yang bersaing tentunya dengan harga yang bervariasi pula. Information Communication Technology bukan lagi menjadi sebuah sesuatu yang langka karena dengan mudah masyarakat saat ini dapat menemukannya di sekitar kita dan memang tidak lagi menjadi hal yang sulit. Kemudahan dalam pengaksesan ICT menjadikan para penggunanya dapat mencari informasi yang sangat luas dan tidak terbatas, transfer data menjadi cepat dan efisien, serta dapat dilakukan di mana saja. contohnya adalah pengenalan smartphone di Indonesia, seperti BlackBerry yang menjadi awal pengembangan fungsi yang lebih daripada sekedar handphone, di mana pada BlackBerry terdapat bemacam-macam fitur yang canggih, seperti berbagi pesan, gambar, video, musik, chat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bukan lagi menjadi sebuah barang mewah, saat ini ICT mampu dimiliki pula oleh seluruh lapisan masyarakat karena tersedia pula dalam variasi harga yang dapat dicapai oleh masyarakat.



3.      Peluang Dalam E-Commerce

Dalam E-commerce, peluang ICT dapat bermanfaat untuk berwirausaha. Adapun contoh dari bantuan ICT dalam E-commerce adalah masyarakat saat ini banyak yang membuka toko online secara gratis. Pengiklanan produk dan juga jasa melalui social media semakin diminati orang dan tanpa dikenakan biaya. Adanya toko online maka kita mampu bekerja lebih fleksibel karena 24 jam dapat memantau dan melayani konsumen tanpa harus khawatir yang berlebihan. Kesuksesan tersebut dapat pula membuka pangsa pemasaran baru yang lebih luas.

          

4.      Kerawanan Dalam ICT

Kemudahan dalam ICT tetap pula harus dipantau dan diperhatikan karena dalam transaksi seperti jual-beli melalui online sering kali rawan penipuan yang berkedok online pada orang yang menggunakan ICT untuk mencari keuntungan dengan berbuat kriminal melalui teknologi yag digunakan.

Apabila ingin menghindari kerugian, diperlukan pula kewaspadaan dan berhati-hati dalam menjalankan bisnis online karena kerawanan dalam dunia ICT. Keamanan dalam website e-commerce haruslah dipahami secara baik sampai pada proses transaksi. Kita tahu bahwa transaksi dengan jumlah uang yang sering kali tidak sedikit, sedangkan dunia ICT adalah suatu kebebasan dan belum ada penjaminan pada keamanan suatu kebenaran yang mampu menjamin konsumen dari tindakan penipuan atau kriminal. Oleh karena itu, masyarakat harus sangat berwaspada dan berhati-hati saat melakukan transaksi melalui online.





5.      ICT Dalam Era Mobile

ICT merambah pada mobile phone. Era di mana setiap anggota keluarga dapat memiliki satu ponsel, dengan kata lain mobile phone telah menjadi kebutuhan setiap orang. Pada satu telepon selular, terdapat banyak fitur yang dapat memanjakan penggunanya, seperti aplikasi untuk chatting (Yahoo Messanger, Skype, Facebook, Twitter, dan sebagainya)

Banyaknya peminat yang semakin bertambah dalam dunia ICT telah melirik investor membuka industri ICT yang sangat menguntungkan. Saat ini karir seseorang sering kali dinilai dengan pengauasaan pada ICT sehingga semaki dibutuhkan pekerja yang mampu merkecimpung dalam ICT, seperti IT Programming, System analist, Konsultan System, dan sebagainya.








Pemanfaatan Information Communications Technology (ICT) pada Industri

Apa itu Information Communications Technology (ICT) ?
Sebelum kita membahas penerapan ICT, ada baiknya kita mengetahui makna ICT itu sendiri. Information Communications Technology (ICT) sekarang ini semakin sering kita dengar khususnya bagi induvidu yang mengikuti dan menggunakan perkembangan teknologi. Namun banyak orang yang belum mendalami apa sebenarnya ICT itu, hal ini ditambah lagi karena konsep, metode dan aplikasi yang terlibat dengan ICT terus berkembang setiap hari. Mempertimbangkan semua dengan menggunakan teknologi digital yang sudah ada untuk membantu individu, bisnis dan organisasi adalah cara yang baik untuk berpikir tentang ICT.
Ada tiga kata yang harus kita pahami sebelumnya, yaitu:
§  Information (informasi) : hasil dari data yang diolah dan menerangkan sesuatu serta berguna bagi yang mengetahuinya.
§  Communications (komunikasi) : pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 pihak atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
§  Technology (teknologi) : kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses teknis.
Dengan demikian ICT merupakan teknologi yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan yang efektif dan efisien.
Berikut ini jenis ICT dan media yang digunakan untuk menggunakan ICT
Aplikasi
Contoh
Pengolah kata
Microsoft Word: Write letters, contoh:  laporan
Spreadsheets
Microsoft Excel; Analisa informasi keuangan; perhitungan; menciptakan model-model peramalan, dll.
Perangkat lunak basis data
Oracle, Microsoft SQL Server, Access; Mengelola data dalam berbagai bentuk, dari dasar daftar (misalnya pelanggan melalui kontak ke kompleks
Presentation software
Misalnya Microsoft PowerPoint; membuat presentasi, baik secara langsung dengan menggunakan layar komputer atau proyektor data.
Desktop publishing
Misalnya Adobe Indesign, Quark Express, Microsoft Penerbit; memproduksi newsletter, majalah dan dokumen lainnya yang rumit.
Graphics software
Adobe Photoshop dan Illustrator, Macromedia Freehand danFireworks untuk membuat dan mengedit gambar seperti logo, gambar atau foto untuk DTP, situs web atau publikasi
Accounting package
Sage, Oracle; Kelola sebuah organisasi termasuk rekening pendapatan / penjualan, pembelian, rekening bank dll Berbagai sistem yang tersedia mulai dari dasar paket cocok untuk usaha kecil sampai canggih yang ditujukan untuk perusahaan-perusahaan multinasional.
Computer Aided Design
Computer Aided Design (CAD) adalah penggunaan komputer untuk membantu proses desain. ada program khusus untuk berbagai jenis desain: arsitektur, teknik, elektronik.
Customer Relations Management (CRM)
Software yang memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami pelanggan mereka dengan mengumpulkan data dan analisis mereka

Teknologi ICT yang terlibat dalam komunikasi perusahaan cenderung kompleks. Namun kita tidak bisa hanya memahami ICT dari luar saja. Namun ada aspek komunikasi digital terutama berkaitan dengan jenis jaringan dan cara untuk melakukan koneksi ke internet.
Jaringan yang biasa digunakan adalah Local Area Network (LAN). LAN menghubungkan sejumlah hardware( input dan output perangkat komputer serta proses yang terjadi). Tujuan LAN adalah untuk berbagi fasilitas hardware seperti printer atau scanner sertasoftware aplikasi yang ada. Jenis jaringan ini tak ternilai di lingkungan kantor dimana rekan – rekan harus memiliki akses ke data atau program umum.
Fungsi dan Kelebihan ICT
Perkembangan ICT-pun membuat rangkaian teknologi ini memiliki fungsi yang terus berkembang, saat ini ICT dapat membantu kita untuk :
§  Meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi
§  Mengatur dan mengelola informasi dengan lebih mudah
§  Memonitor keuangan dengan akurat
§  Memperluas jangkauan berbisnis atau berorganisasi
§  Berkomunikasi dengan cara online
§  Menghemat biaya operasi perusahaan.
§  Dll.
Berikut adalah beberapa kelebihan ICT yang dapat membantu operasional di perusahaan kita:
§  Layanan yang lebih baik
Memudahkan bagi setiap orang untuk berkomunikasi dengan baik dengan menggunakan e-mail, telepon, situs web, dll.
§  Akses informasi yang lebih baik
Membantu mengumpulkan, mengolah dan melaporkan informasi kinerja untuk membantu menjalankan organisasi dengan baik.
§  Manajemen keuangan yang lebih baik
Perangkat lunak akuntansi dapat mencatat pendapatan dan pengeluaran; serta membantu menangani pajak. Hal ini sangat membantu terutama bagi perusahaan raksasa yang akan kesulitan melakukan pembukuan jika tidak ada ada ICT terutama perangkat lunak akuntansi.
§  Komunikasi yang lebih baik dengan masyarakat
Komputer dan internet dapat membantu untuk mengumpulkan, mengelola dan mempublikasikan informasi menggunanakan sarana telepon,web, dll.
§  Adminitrasi yang lebih terkontrol
Mengelola informasi dapat dilakukan dengan menggunakan file server. Adminitrasi yang lebih baik juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan mail merge untuk menghemat waktu saat mengirim sejumlah dokumen serta antar pegawai bisa menghemat kertas, tinta printer, dll untuk mentransfer informasi.
Pemanfaatan ICT di Sektor Bisnis
Bagi dunia bisnis, jaringan telekomunikasi awalnya digunakan seperti halnya jaringan listrik, distribusi air, dan jaringan utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting, tetapi dulu perusahaan memiliki pengaruh yang kecil. Perusahaan-perusahaan memiliki pilihan yang terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan layanan yang dikelola secara monopoli. Hari ini, para pengguna korporat meletakkan bersama keseluruhan jejaring di bawah kontrol mereka, memotong-pintas jaringan publik sebagian atau sepenuhnya.Deregulation dan teknologi digital baru telah mengizinkan perusahaan untuk secara sadar merancang dan mengoperasikan jaringan telekomunikasi internal dan privat untuk meningkatkan posisi kompetitif mereka. Apa yang dulunya merupakan biaya untuk menjalankan bisnis, sekarang menjadi sumber keuntungan kompetitif.
Layanan ICT sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai dari pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan kepariwisataan. Jaringan privat ini hadir di semua industri global, di mana perusahaan multinasional menjadi perusahaan jejaring. Parapengguna bisnis berskala besar memiliki kebutuhan akan sistem yang cost-effective, leluasa, aman, automated, terpadu dan terandalkan. Jika para penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal, perusahaan-perusahaan besar memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri jaringan privat.
Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan disain manufaktur.
Perusahaan-perusahaan kecil lebih terbatas kemampuannya untuk mengembangkan jejaring ICT sendiri ataupun untuk menyewa, karena besarnya biaya. Ini menjadi pilihan yang ekonomik hanya jika organisasi tersebut cukup besar untuk menimbulkan cukup trafik untuk menghasilkan penghematan. Oleh karena ini, perusahaan-perusahaan global merupakan pihak-pihak yang pertama yang mengadopsi ICT baru. Sektor-sektor yang sangat bergantung pada ICT mencakup, antara lain perusahaan-perusahaan layanan finansial.
Pada ruang lingkup yang lebih luas, sebagai contoh pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada. Departemen TI pada sebuah perusahaan mulai dibangun dan secara konstan diminta untuk mengembangkan suatu layanan, mengembangkan suatu sistem, dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi.
Era Globalisasi
Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang mendayagunakannya. Saat ini kehidupan manusia mulai bergeser ke kehidupan komputasi persasif, suatu kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai bagian dari kehidupan manusia kapan dan dimana saja. Hal ini dapat diilihat dari perilaku manusia yang sudah mulai terbiasa dengan komputer, sudah mulai terbiasa dengan internet, dan sudah mulai merasakan bahwa sekumpulan kebutuhannya dapat dibantu oleh teknologi informasi.
Komunikasi Bisnis dengan Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi.
Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal  itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui ICT .
Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan bahkan, dalam menghadapi persaingan.
Fokus pembahasan :
Pemanfaatan ICT Dalam bidang industri/manufacture.
Industri adalah bidang matapencaharian yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja (bahasa Inggris: industrious) dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi dan distribusinya sebagai dasarnya. Maka industri umumnya dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan (ekonomi) yang berhubungan dengan bumi, yaitu sesudah pertanian, perkebunan dan pertambangan yang berhubungan erat dengan tanah. Kedudukan industri semakin jauh dari tanah, yang merupakan basis ekonomi, budaya, dan politik.
Berikut adalah contoh berbagai industri yang ada di Indonesia :
§  Makanan dan minuman
§  Tembakau
§  Tekstil
§  Pakaian jadi
§  Kulit dan barang dari kulit
§  Kayu, barang dari kayu, dan anyaman
§  Kertas dan barang dari kertas
§  Penerbitan, percetakan, dan reproduksi
§  Batu bara, minyak dan gas bumi, dan bahan bakar dari nuklir
§  Kimia dan barang-barang dari bahan kimia
§  Karet dan barang-barang dari plastik
§  Barang galian bukan logam
§  Logam dasar
§  Barang-barang dari logam dan peralatannya
§  Mesin dan perlengkapannya
§  Peralatan kantor, akuntansi, dan pengolahan data
§  Mesin listrik lainnya dan perlengkapannya
§  Radio, televisi, dan peralatan komunikasi
§  Peralatan kedokteran, alat ukur, navigasi, optik, dan jam
§  Kendaraan bermotor
§  Alat angkutan lainnya
§  Furniture dan industri pengolahan lainnya

Dalam bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).
Pada tahap produksi, digunakan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan program Computer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan disimulasikan dengan komputer.
Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran ICT dalam bidang industri dan manufaktur sangat besar, di antaranya adalah sebagai berikut :

§  Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
§  Mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.
§  Lebih hemat biaya, karena lebih sedikit pengunaan SDM.
§  Lebih efektif dan efisien dalam mempromosikan suatu produk baru.
§  Mempermudah komunikasi dari satu pihak ke pihak lain.






0 komentar:

Posting Komentar

Anda Pengunjung ke...

Clock